Istilah dungu yang sering viral itu dalam Filsafat Islam tidak ditemukan (non-eksitensial) baik secara teoritis dan praktis. Justru istilah itu jika ditarik dalam historis pra kemerdekaan RI itu akan sangat melukai batin dan lahir masyarakat kita (baca: inlander).

Kita akan menemukan istilah Tasqik (gradasi/tingkatan) al wujud “wujud yang bergradasi” dalam filsafat islam. Pada konteks (tulisan) ini Wujud tersebut kita pahami sebagai KESADARAN yang eksistensial “being to becoming”.

Kesedaran atau pengetahuan yang eksis pada diri manusia itu bertingkat-tingkat dan kesasadaran itu merupakan suatu capaian atas ikhtiari manusia. Maka level capaian kesadaran yang paripurna hanya bisa dicapai dengan belajar (riyadh).

Imam Al Gazali juga mengumamdangkan bahwa kesadaran (pengetahuan) itu bertingkat-tingkat lapisannya dari al aql hayulani (akal material) hingga al ‘aql bi al fi’il (akal aktual).

Jadi, dalam tradisi (keilmuan) Islam tidak ada Istilah dungu yang digunakan para Arif, Filosof, dan Teolog untuk disematkan kepada murid hingga mitra debatnya sekalipun. Bahkan menurut mereka semua manusia memiliki kesempatan yang sama untuk belajar (proses) sampai pada Kesadaran yang Paripurna “al ‘aql bi al fi’il”.

Oleh karenanya kesadaran paripurna inilah bentuk objektif KEMERDEKAN sejati bagi manusia. Untuk itu Founding Father kita meng-kurban-kan jiwa dan raganya untuk memerdekakan manusia-manusia kita dari subordinasi kesadaran yang dilakukan oleh penjajah kala itu.

Maka siapa pun yang suka menyematkan kata dungu kepada mitranya ataupun orang lain itu adalah benih-benih penjajah (arogan). Dan tidak epistemologis.

Dan saat ini siapkah kita meng-kurban-kan diri kita untuk melawan penjajah (arogansi) yang bersemayam dalam diri kita? Dengan itu kita berharap sampai pada puncak Fitri (kemerdekaan) kita bagi Agama, Keluarga dan NKRI.

Wallahu’alam bi sawwab
Merdeka dan Selamat Hari Raya Idul Adha.
Syamsuddin Juhran

đź“·: Foto gelar Diskusi Kemerdekaan yang dilaksanakan teman2 Komisariat HmI dilingkungan HmI Cabang Samarinda.